Peternakan Telur Ayam Negeri yang Sukses | Bisnis Telur Ayam,Pemasaran Telur Ayam, Bisnis Telur Online,Pengusaha Telur,Bisnis Jualan Telur

Slider Background

Peternakan Telur Ayam Negeri yang Sukses

Senin, 22 Mei 2017

Peternakan Telur Ayam Negeri yang Sukses

Peternakan telur ayam negeri merupakan salah satu bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan tinggi. Selain itu, bisnis peternakan telur ayam juga merupakan bisnis jangka panjang. Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat akan telur akan selalu stabil atau bahkan justru semakin meningkat. Telur merupakan bahan lauk sumber protein dengan harga yang relatif terjangkau dibanding dengan lauk lainnya dan paling mudah diolah karena fleksibel dapat diolah dengan cara apa saja dan menjadi beragam masakan. Beternak ayam petelur untuk menghasilkan telur-telur berkualitas dan siap didistribusikan memang tidak semudah yang dibayangkan. Terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan dan dipertimbangkan.

Cara Memiliki Peternakan Telur Ayam yang Berkualitas
Bagi yang ingin mengembangkan bisnis peternakan telur ayam sebagai sumber penghasilan, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Bisnis ternak telur ayam dapat dengan mudah dilakukan sendiri namun harus sudah memahami tentang cara membudidayakan dan memelihara telur ayam yang baik dan benar. Berikut ini adalah hal-hal yang wajib diketahui dan dipersiapkan dalam memulai bisnis telur ayam:

Pembuatan kandang sesuai standar
Langkah utama dalam memulai bisnis telur ialah mempersiapkan kandang yang memenuhi standar bagi ayam-ayam petelur yang bertugas sebagai produsen telur. Kandang yang baik dan sesuai standar bagi para ayam petelur selalu berpijak pada kemudahan proses pengumpulan telur dan proses pembuangan kotoran ayam petelur. Dan sistem kandang yang paling tepat dan memenuhi syarat tersebut ialah kandang sistem panggung.

Bagi para pemula bisnis telur ayam ini, kandang dapat dibuat dengan bahan yang terjangkau namun tetap kokoh dan tahan cukup lama seperti bambu dan kayu. Namun jika tersedia modal yang lebih banyak, kandang batere merupakan pilihan yang paling tepat. Kandang ini dibuat dari bahan kawat dan merupakan kandang dengan sistem modern. Jumlah tingkatan pada kandang dapat disesuaikan dengan jumlah ayam yang hendak diternak serta luas lahan. Kandang dapat dibuat menjadi satu hingga tiga tingkatan. Namun perlu diingat, jika memilih desain tingkat, tingkatannya tidak boleh lurus melainkan dibuat seperti tangga. Hal ini bertujuan supaya kotoran ayam tidak jatuh tepat pada ayam yang terletak di tingkatan bawah.

Sistem panggung dalam pembuatan kandang juga dapat sangat meminimalisir telur yang tercecer ke bawah karena dapat dengan mudah diambil. Lantai yang landai dengan sedikit miring juga merupakan desain yang paling tepat. Dengan demikian, telur yang berhasil diproduksi oleh para ayam akan secara langsung menggelinding menuju sisi kandang yang sudah disiapkan sebagai tadah atau tampungan telur. Untuk pembuangan kotoran pun menjadi lebih mudah karena kotoran ayam akan langsung jatuh ke bawah dan dapat secara langsung ditampung dan dapat dibersihkan dengan mudah. Peluang usaha ternak telur ayam yang sangat menjanjikan akan semakin berkembang dengan pilihan kandang sistem panggung yang mempermudah proses pengambilan telur dan pembersihan kotoran ayam.

1. Pemilihan bibit ayam petelur yang berkualitas
Hal lain yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan dengan matang ialah bibit ayam petelur. Karena ayam petelur merupakan aset paling penting dalam bisnis telur ayam ini, maka pemilihannya haruslah dengan pertimbangan optimal. Terdapat dua jenis bibit ayam petelur, antara lain:
2. Ayam petelur putih
Sesuai dengan namanya, ayam petelur ini memiliki bulu berwarna putih. Bobot dari ayam petelur putih ini jauh lebih ringan dibanding dengan jenis medium. Meskipun bertubuh lebih ramping dan kurus, namun ayam ini dapat menghasilkan telur yang melimpah. Namun sayangnya, ayam jenis ini sangat riskan dan sensitif dengan keributan. Ayam ini sangat mudah kaget dan stress yang akan mempengaruhi jumlah produksi telurnya.
3. Ayam petelur medium

Berbeda dengan ayam jenis putih, ayam petelur medium memiliki tubuh yang gemuk dengan bulu berwarna coklat kemerahan. Ayam petelur jenis ini juga mampu menghasilkan telur berlimpah dan cenderung tidak mudah stress.

Bagi yang masih belajar ternak telur ayam, pemilihan bibit ayam petelur harus dilakukan dengan hati-hati dan banyak pertimbangan. Berikut ini adalah beberapa cara dalam memilih bibit ayam petelur:
  • Pilihlah bibit ayam petelur yang berasal dari varietas unggul dan produktif serta kebal penyakit.
  • Pilih ayam petelur dalam kondisi sehat dan tidak mengalami cacat fisik.
  • Jika beternak dari bibit kecil, pilih ayam yang memiliki pertumbuhan dan perkembangan normal.

Demikianlah beberapa hal yang harus diperhatikan dan sedikit cara dalam melakukan peternakan telur ayam yang mudah dilakukan. Selamat mencoba!

« PREV
NEXT »

Tidak ada komentar

Posting Komentar