Cari Tahu Dulu Ciri-Ciri Telur Segar Sebelum Mengkonsumsinya! | Bisnis Telur Ayam,Pemasaran Telur Ayam, Bisnis Telur Online,Pengusaha Telur,Bisnis Jualan Telur

Slider Background

Cari Tahu Dulu Ciri-Ciri Telur Segar Sebelum Mengkonsumsinya!

Kamis, 18 Mei 2017

Cari Tahu Dulu Ciri-Ciri Telur Segar Sebelum Mengkonsumsinya!

Ciri-ciri telur segar haruslah diketahui sebelum memutuskan untuk membeli atau mengkonsumsinya bersama keluarga. Tidak dapat dipungkiri jika telur ayam merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat untuk bahan makanan. Kebutuhan akan telur seluruh masyarakat Indonesia dipenuhi oleh peternakan yang khusus memproduksi dan menyuplai telur bagi seluruh masyarakat yang tersebar di seluruh Indonesia. sampainya telur ke tangan para konsumen ialah melalui para distributor yang kebanyakan ialah pasar dan tempat belanja yang lainnya. Melimpahnya ketersediaan telur ayam di pasaran tidak menanggung kualitas daripada telur tersebut. karena beberapa faktor terkadang kondisi telur yang diperjual belikan sudah dalam keadaan kurang baik. Untuk itu, telitilah dengan jeli karakteristik telur ayam sebelum membeli atau mengkonsumsinya.

Deretan Ciri-Ciri Telur Segar yang penting untuk diperhatikan
Kebanyakan telur yang rusak atau bahkan mendekati pembusukan memang sulit ditebak. Hal ini karena terhalang oleh cangkang atau kulit telur sehingga para konsumen tidak dapat melihat kondisi dalam cangkang telur secara langsung. Untuk itu, perhatikan ciri-ciri telur yang baik atau segar berikut ini sebelum mengkonsumsinya.
-          Tekstur cangkang telur rata
Ciri telur masih dalam keadaan baik yang pertama ialah ditunjukkan dengan permukaan cangkang atau kulit yang rata, tidak kasar atau banyak ditumbuhi bintik-bintik kasar. Jika kondisi cangkang teur sudah demikian, maka dapat dipastikan bahwa telur tersebut sudah mulai rusak atau membusuk.
-          Tidak berbunyi saat diguncang
Ciri telur yang masih segar dan baik yang selanjutnya ialah kontur telur yang tidak menghasilkan bunyi atau terasa bergerak saat telur diguncang atau digoyang-goyangkan. Apabila terasa gerakan atau terdengar bunyi saat telur diguncang, sebaiknya jangan mengkonsumsi telur tersebut.
-          Kulit atau cangkang telur tidak retak
Ciri telur masih segar juga dapat diketahui melalui tampilan cangkang atau kulitnya yang mulus tanpa retak. Hal ini dapat dilihat secara seksama pada permukaan kulit atau cangkang telur. Jika terdapat garis-garis putih, maka itu tandanya telur tersebut mulai retak dan sudah tidak segar lagi. Jadi pastikan permukaan cangkang atau kulit tidak memiliki garis-garis putih. 
-          Telur menunjukkan bentuk bulat khas telur
Telur yang sehat juga dapat dilihat dari bentuk telur tersebut. Telur yang baik ialah menunjukkan bentuk bulat khas telur dngan cangkang atau kulit yang bersih.

Cara Mengetahui Telur Dalam Kondisi Baik
Untuk lebih memudahkan dalam melakukan pengecekkan tentang kondisi telur apakah masih segar atau justru telah rusak dan mulai membusuk, terdapat beberapa cara yang mduah dilakukan. Berikut ini ialah cara membedakan telur yang segar dengan telur yang sudah rusak:
-          Memasukkan telur ke dalam gelas berisi air
Cara mengetahui apakah telur masih dalam kondisi baik atau tidak ialah dengan memasukkan telur tersebut ke dalam gelas yang telah berisi air. Posisi yang ditunjukkan oleh telur yang masih segar ialah berada di dasar atau tenggelam. Sedangkan telur yang sudah rusak atau busuk, posisinya akan mengapung. Jika telur berada di tengah-tengah atau melayang, hal tersebut artinya telur masih dalam kondisi cukup baik dan dapat dikonsumsi.
-          Memeriksa kondisi telur dengan memecahkannya terlebih dahulu
Cara kedua ini juga sangat efektif untuk mengetahui telur segar atau telur rusak. Telur yang masih segar atau dalam kondisi baik kuning telurnya tepat berada ditengah. Selain itu, bagian kuning telurnya juga masih sangat kental dan pekat.
-          Meneropong dengan cahaya
Untuk mengetahui kondisi telur juga dapat dilakukan dengan meneropong telur dengan bantuan cahaya lilin atau lampu baca. Putar telur yang sedang diamati dan pastikan bagian dalam telur bersih dan tidak memiliki bercak atau kotoran.

Sebelum mengkonsumsi telur ayam dalam negeri tentu pengetahuan akan ciri-ciri telur segar di atas sangatlah penting untuk dimiliki. Jangan salah dalam pemilihan telur dan peroleh nutrisinya dengan maksimal.

« PREV
NEXT »

Tidak ada komentar

Posting Komentar